Sebentar Lagi Rilis! Ini 5 Alasan Kamu Wajib Coba Phantasy Star Online 2

Setelah delapan tahun, gamer barat akhirnya bisa menikmati PSO2! Kalau kamu belum pernah main, simak dulu alasan PSO2 menarik untuk dicoba.


Akhirnya setelah penantian selama delapan tahun, gamer di Amerika Serikat akan bisa memainkan Phantasy Star Online 2 (PSO2) dalam bahasa Inggris! Ini kabar yang tentunya cukup menggembirakan bagi penggemar seri Phantasy Star, terlebih lagi game ini akan dirilis di dua platform sekaligus yaitu PC dan Xbox One. Tak hanya itu, dua versi ini kabarnya bahkan mendukung fitur cross-play.

Phantasy Star Online 2 sebelumnya sudah pernah dirilis dalam bahasa Inggris, namun hanya untuk wilayah Asia Tenggara. Di antara pembaca Gimbot mungkin ada yang sempat memainkannya. Sayang, versi SEA ini akhirnya tutup pada tahun 2017 silam.

BACA JUGA: Game PC Terbaru yang Wajib Dimainkan Bulan Mei 2020

Untuk yang belum pernah mencicipi Phantasy Star Online 2, mungkin kamu penasaran, apa sih aspek menariknya game ini sehingga layak dicoba saat meluncur tanggal 27 Mei nanti? Berikut Gimbot uraikan.

1. PSO2 Adalah Game Action Murni

Sumber: IGN Adria

Kelebihan Phantasy Star Online 2 dibandingkan MMORPG kebanyakan adalah game ini benar-benar sebuah game action murni. Jangan bayangkan kamu akan melakukan auto attack lalu hanya menekan-nekan skill sambil menunggu cooldown. Langsung saja colokkan stik milikmu, dan rasakan serunya baku hantam melawan musuh secara barbar.

Kalau kamu sama sekali belum pernah main seri Phantasy Star, perlu kamu ketahui bahwa Phantasy Star bisa disebut sebagai “kakek moyang” dari game bertipe hunting. Sebelum ada Monster Hunter, God Eater, dan saudara sejenisnya, Phantasy Star Online sudah mempopulerkan format gameplay serupa pada tahun 2000 di console Dreamcast.

2. Character Class Bernuansa Sci-Fi

Kebanyakan MMORPG memiliki dunia yang terinspirasi fantasi medieval, namun tidak demikian dengan Phantasy Star Online 2. Di sini kamu akan menjelajah dunia modern, di mana eksplorasi antarplanet sudah jadi hal biasa. Class karakter yang bisa kamu pilih pun semuanya menggunakan senjata modern, seperti lightsaber, gunblade, senapan, dan sebagainya.

Ada sebagian senjata yang terkesan lebih klasik, antara lain katana, panah, hingga magic. Namun desainnya pun dibuat lebih modern dan bersuasana fiksi ilmiah. Asyiknya, karena PSO2 adalah game action, setiap class akan memiliki gaya main yang jauh berbeda. Kamu juga bisa membuatnya terasa seperti third-person shooter kalau mau.

3. Boss Fight Epik dan Menuntut Skill

Sumber: IGN Adria

Seperti kebanyakan game bertipe hunting, kesenangan terbesar dalam PSO2 muncul ketika kamu berhadapan dengan bos musuh. Apalagi musuh dalam game ini punya desain yang keren, besar, serta imajinatif. Mulai dari yang menyerupai hewan liar raksasa, hingga alien kegelapan. Musuh utama seri Phantasy Star yang juga muncul dalam Phantasy Star Online 2 adalah Dark Falz. Ia merupakan personifikasi kejahatan yang muncul dari kekuatan zat spiritual besar bernama Profound Darkness.

Tadinya alam semesta Phantasy Star hanya dihuni oleh dua kekuatan besar yaitu Great Light dan Profound Darkness. Setelah pertarungan panjang akhirnya Great Light berhasil menyegel Profound Darkness ke dimensi lain. Tapi kini muncul tanda-tanda bahwa Profound Darkness akan muncul kembali.

4. Penuh Konten Kolaborasi

Daya tarik lain dari PSO2 yang sering menyenangkan para penggemar adalah rajinnya sang developer memberikan konten cross-over dengan game lain. PSO2 dikembangkan oleh SEGA, dan mungkin kamu sudah tahu bahwa perusahaan ini punya franchise yang sangat banyak dan memiliki sejarah puluhan tahun di industri game. Berkali-kali karya SEGA lainnya mampir muncul di dalam game ini, itu pun masih ditambah kolaborasi dengan perusahaan lain.

Phantasy Star Online 2 pernah mendapatkan konten kolaborasi dengan Gravity Rush 2, Sonic the Hedgehog, Hatsune Miku, Yakuza, Valkyria Chronicles, Shining Blade, dan sebagainya. Kita masih belum tahu apakah semua konten kolaborasi ini juga akan hadir di server Amerika, tapi setidaknya untuk saat ini kolaborasi Sonic the Hedgehog dan Hatsune Miku sudah dipastikan ada.

5. Tidak Butuh Spek PC yang Tinggi

Sumber: IGN Adria

Phantasy Star Online 2 adalah game PC yang pertama kali dirilis pada tahun 2012. Untuk ukuran saat itu saja, spesifikasi PC yang diminta sudah tergolong sangat “ramah lingkungan”. Kamu bisa memainkannya dengan processor sekelas Intel Core 2 Duo E6300, RAM 2 GB, serta kartu grafis sekelas Intel HD Graphics 4000. Spesifikasi begini di tahun 2020 rasanya bisa didapatkan oleh semua orang.

Salah satu alasan mengapa PSO2 tidak begitu berat adalah karena game ini awalnya juga dirancang untuk PS Vita. Memang akibatnya PSO2 punya kualitas grafis yang biasa-biasa saja, tidak begitu realistis. Tapi karena desain dunianya keren, ditambah aksi pertarungannya mulus dan enak dipandang, rasanya kualitas grafis itu adalah nilai minus kecil yang bisa kita maafkan.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.