3 Tahun Kemudian, Arknights Tetap Jadi Salah Satu Game Gacha Terbaik


Bahkan ketika sudah tidak aktif lagi bermain, Arknights masih terlalu bagus untuk saya hapus dari smartphone.

arknights-salah-satu-game-terbaik-featured

Game gacha dengan visual dan tema ala anime sudah menjadi salah satu penghuni tetap di pasar game saat ini. Selama satu tahun, selau ada game gacha baru yang diperkenalkan terutama di mobile. Beberapa di antaranya sukses dan populer, tapi tidak sedikit juga yang gagal dan/atau tutup.

Meskipun game baru terus berdatangan, ada saja beberapa game yang mampu bertahan dan tetap populer. Salah satunya adalah Arknights yang rilis secara global tahun 2020. Dari banyak game gacha populer yang saya mainkan dalam tiga tahun terakhir, saya harus akui bahwa Arknights adalah salah satu yang terbaik.

Gameplay Yang Tetap Seru dan Strategis

arknights-salah-satu-game-terbaik-gamepla

Tidak banyak game gacha yang menganut gameplay tower defense. Namun Arknights tidak hanya memaksimalkan potensi yang ditawarkan tower defense, tapi juga membawa sentuhan baru ke genre tersebut.

Ketika kamu mulai bermain, Arknights sepertinya menawarkan gameplay tower defense biasa di mana kamu memasang unit di lokasi yang pas lalu melihat unit tersebut menghabisi musuh. Namun Arknights membuat dinamika itu berubah berkat skill yang dimiliki setiap unit dan juga jenis musuh yang berbeda. Dari yang hanya memasang unit dan melihat mereka beraksi, banyak level di Arknights yang membuatmu harus memasang dan mencabut unit tidak hanya di posisi yang tepat, tapi juga timing yang tepat. Artinya strategi yang harus kamu pikirkan tidak hanya harus membawa siapa, tapi bagaimana timing dan rotasi unit yang harus kamu lakukan.

Sejauh ini, tidak ada game gacha lain yang menghadirkan gameplay tower defense, dan saya rasa belum ada yang melakukannya sebaik Arknights.

Tidak Perlu Takut Ketinggalan Konten

arknights-salah-satu-game-terbaik-story

Satu hal yang kadang disayangkan dari game gacha adalah banyaknya konten yang time-limited. Misalnya, anggaplah Genshin Impact sedang mengadakan event Windblume Festival dan menghadirkan sejumlah konten unik. Namun karena durasi event-nya terbatas, kamu harus bermain dalam periode event tersebut untuk bisa menikmatinya. Setahun kemudian, event serupa kemudian diadakan, tapi dengan pengalaman, gameplay dan bahkan cerita yang berbeda.

Arknights juga sebenarnya punya event time-limited ini. Namun kamu tidak perlu khawatir ketinggalan, karena setelah beberaap bulan, event tersebut biasanya akan mendapatkan rerun, dan setelah itu suatu waktu akan jadi konten permanen yang bisa kamu akses kapan saja. Jadi jika kamu berhenti bermain untuk sementara waktu, kamu adalah pemain baru, atau saat suatu event berlangsung karakter dan levelmu kurang kuat, kamu tidak perlu takut tidak bisa menikmati semua isi konten tersebut.

Lebih Dari Sekadar Game

Sebuah game mungkin tetap seru hanya dengan gameplay saja. Namun agar lekat dengan pemainnya, sebuah game harus tetap bisa memberikan sentuhan unik, mulai dari presentasi, cerita, dan karakter.

Banyak game gacha yang sukses menghadirkan visual, cerita, dan karakter yang menarik. Arknights sendiri tidak setengah-setengah dengan karakternya. Setiap karakter punya lore atau asal usul yang menarik, mulai dari fraksi asal, relasi mereka dengan satu sama lain, dan masih banyak lagi. Semuanya disajikan tidak hanya dalam teks, tapi juga cut-scene khusus. Membaca lore ini adalah salah satu hiburan tersendiri karena world building yang baik di sebuah game ada di lore-nya.

Tidak hanya itu, Arknights juga tidak setengah-setengah dalam menghadirkan musik BGM baru. Setiap ada event baru yang muncul, kamu dijamin akan mendapatkan paling tidak satu musik baru dengan tema yang unik. Event dengan tema ksatria punya musik seperti Stay Gold, sementara event di mana kamu menjelajah misteri bawah laut mendapatkan musik seperti Under Tides. Karena musik-musiknya ini, saya sering menyebut Arknights sebagai ‘studio musik yang kebetulan juga membuat game.’


Apakah ini berarti game gacha lain tidak punya hal yang sama dengan apa yang saya sebutkan di atas? Tidak juga, tapi sejauh ini game yang sudah saya coba tidak puna satu dari tiga poin di atas. Genshin Impact misalnya, punya gameplay yang seru, karakter yang menarik, serta presentasi yang indah. Namun hingga hari ini setiap event yang sudah mereka adakan tidak pernah mendapatkan re-run.

Meskipun belum mencoba semua game gacha populer yang ada, hingga hari ini saya sudah beberapa kali mencoba game baru. Tidak sedikit yang kemudian bertahan dan akhirnya dihapus, entah karena sudah tidak punya waktu untuk bermain atau karena game-nya kurang menarik. Namun hingga hari ini, meskipun tidak lagi aktif bermain, saya masih enggan untuk menghapus Arknights.


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Kaoru

Hmmm...