Apakah Teknologi RTX Bisa Digunakan di Graphic Card Lain?


Teknologi RTX yang dapat membuat efek ray tracing pada GeForce RTX ternyata bisa digunakan graphic card (kartu grafis) lain loh..

Sumber: Gamers Nexus

Teknologi RTX yang juga disebut dengan Ray Tracing adalah salah satu teknologi gaming yang baru untuk zaman sekarang. Ray Tracing sendiri adalah sebuah teknologi di mana komputer bisa membuat simulasi cahaya terlihat lebih realistis.

Teknologi RTX diakui bisa digunakan jika menggunakan graphic card dari Nvidia, yaitu GeForce RTX series. Menariknya, ternyata teknologi RTX ini bisa juga digunakan di graphic card lain.

Benarkah demikian? Berikut informasi lebih detail yang menunjukkan bahwa teknologi RTX atau Ray Tracing ini bisa digunakan di graphic card lain.

BACA JUGA: 5 Fakta yang Wajib Kamu Tahu Mengenai Google Stadia

Ray Tracing oleh Crytek

teknologi rtx

Telah lama tidak terdengar kabarnya, developer dari game Crysis ini ternyata diam-diam sedang membuat eksperimen menggunakan engine buatan mereka, Cry Engine.

Selama ini, Crytek memilih untuk fokus pada proyek-proyek independen. Crytek sendiri telah merilis beberapa judul game yang terkenal di zamannya, seperti seri Crysis, Crysis 2 dan 3, serta Ryse: Son of Rome.

Teknologi Ray Tracing pada Cry Engine dipamerkan melalui video yang diunggah ke Youtube dengan judul “Neon Noir”. Video tersebut menunjukkan sebuah drone yang terbang di sekitar gedung kota, serta teknologi pencahayaan yang lebih realistis.

Pencahayaan yang lebih realistis tersebut bisa kamu lihat pada cahaya yang memantul di drone, permukaan tanah, cahaya lampu yang seperti mengikuti dari sudut pandang drone.

Hal yang menjadikannya menarik, Crytek mengakui bahwa animasi tersebut bisa digunakan baik graphic card dari Nvidia maupun AMD. Bahkan Crytek mengakui bahwa animasi tersebut dibuat menggunakan graphic card dari AMD, yaitu Vega 56.

Nvidia akan Membawa Teknologi Ray Tracing ke GTX

teknologi rtx

Benarkah demikian? Ternyata hal tersebut benar adanya, dilansir dari TechRadar, Nvidia akan merilis driver baru untuk graphic card seri GTX 1060, 1070 serta 1080 yang di mana nantinya driver tersebut mendukung teknologi Ray Tracing.

Hanya saja sebelum berharap lebih jauh, ternyata teknologi RTX atau Ray Tracing tersebut tidak secanggih ray tracing pada graphic card seri RTX.

Hal ini disebabkan arsitektur dari graphic card GTX yang tidak memiliki teknologi seperti graphic card seri RTX. Teknologi ray tracing itu sendiri dihasilkan dari teknologi yang dimiliki DirectX yaitu DirectX Raytracing (DXR).

Perbedaan Ray Tracing yang akan dimiliki graphic card non-RTX dan RTX

Ternyata teknologi RTX atau ray tracing ini, bisa diterapkan dengan menggunakan metode lain. Terlepas dari masalah teknis, bisa saja ke depannya teknologi ray tracing ini akan bisa digunakan dengan graphic card selain seri RTX.


Rizal Ziz

Seorang penulis yang senang mencari experience.. hobi membaca agar mendapatkan skill, senang berlatih agar bisa naik level.. dan senang hunting agar bisa mendapatkan item-item langka yang jika dijual dapat harga mahal..