Analisis Karakter Cynthia – Karakter dan Pokemon Champion Favorit


Dari banyak Champion yang sudah hadir di game Pokemon sejauh ini, tidak bisa dipungkiri bahwa Cynthia adalah salah satu yang jadi favorit.

analisis-karakter-cynthia-pokemon-featured

Salah satu hal yang selalu diperhatikan di semua game mainline Pokemon adalah Champion yang akan kamu hadapi. Di semua game, mereka adalah trainer terakhir yang harus kamu kalahkan agar kamu bisa menjadi Pokemon Champion dan menyelesaikan cerita dalam permainan. Artinya merekalah tantangan tersulit yang bisa disajikan dalam permainan, paling tidak di luar konten post-story, DLC, dan mode PvP.

Setiap game, Champion ini didesain sedemikian rupa agar bisa berkesan, baik dari segi karakter maupun dari segi pertarungan yang mereka sajikan. Beberapa di antaranya sukses menjadi Champion yang berkesan, ada juga yang tidak. Nah, dari beberapa Champion yang memberikan kesan positif, ada satu yang jadi favorit banyak orang. Ia adalah Champion region Sinnoh, Cynthia.

Terlibat dan Berperan Penting Dalam Cerita

analisis-karakter-cynthia-pokemon-1

Satu faktor yang membuat karakter Champion di game Pokemon adalah keterlibatan mereka dalam cerita yang kamu jalani. Sebagai contoh, Pokemon Red/Blue punya dua Champion yaitu Lance dan Blue (rival). Tapi Lance sangat mudah dilupakan dan sangat tidak berkesan, sementara Blue sangat diingat. Alasannya karena Blue juga merupakan sainganmu sepanjang cerita, dan ia sering bertemu dan menantangmu untuk bertarung apapun situasinya. Jika Blue hanya muncul di awal dan akhir cerita dan tidak pernah berinteraksi denganmu, ia juga mungkin akan mudah dilupakan.

BACA JUGA: Analisis Karakter Rathalos – Maskot Serial Monster Hunter

Hal yang sama juga terjadi pada Cynthia di game tempat pertama ia muncul yaitu Pokemon Diamond/Pearl/Platinum. Kamu akan sering menemuinya sepanjang ceritamu sebelum akhirnya menghadapinya sebagai Champion. Tapi tidak seperti Blue, ia sering membantumu dan bahkan memberikanmu item penting yang membantumu melanjutkan perjalanan.

Keterlibatan Cynthia dalam cerita tentu membuatnya mudah diingat sebelum kamu harus menghadapinya. Tidak hanya itu, kepribadiannya yang baik tapi di saat yang sama sangat menyukai pertarungan Pokemon dan punya ketertarikan di sejarah, mitologi, dan arkeologi membuatnya menjadi karakter yang “lengkap” dan tentunya menarik.

Tantangan yang Sebenarnya

analisis-karakter-cynthia-pokemon-tim

Satu lagi faktor yang membuat Cynthia menarik adalah tantangan yang ia berikan ke pemain. Cerita utama Pokemon selalu punya satu kelemahan yaitu pertarungan menghadapi gym leader dan Champion-nya kadang terlalu mudah. Umumnya mereka membawa tim dengan satu tema atau tipe Pokemon tertentu plus punya level yang seimbang atau bahkan lebih kecil dari timmu. Artinya kamu tinggal membawa Pokemon dengan tipe atau yang jadi counter untuk menyapu bersih semua tantangan.

Beberapa Champion yang berkesan di Pokemon juga dikenal memberikan tantangan yang benar-benar serius. Salah satu contohnya sekali lagi adalah Blue di Pokemon Red/Blue yang punya tim dengan sebaran tipe yang cukup lebar serta level yang cukup tinggi. Cynthia juga punya tim dengan tipe variatif dan secara kolektif tidak punya banyak kelemahan. Timnya juga punya level yang tinggi dan selain punya tipe yang variatif, Pokemon yang ia bawa juga kuat dan punya kombinasi gerakan yang layak ditakuti.

Cynthia di Pokemon Diamond/Pearl adalah tantangan terberat yang dihadapi banyak pemain Pokemon tidak hanya di game tersebut tapi juga di game Pokemon yang sudah rilis sebelumnya. Saking kuat dan sulitnya dihadapi, ia bahkan sempat di-nerf atau dibuat lebih lemah. Satu Pokemon yang ia bawa berubah, dan levelnya pun diperkecil.

Muncul di Berbagai Game

analisis-karakter-cynthia-pokemon-sun-moon

Tidak bisa dipungkiri bahwa Cynthia adalah salah satu Champion dan karakter favorit banyak pemain. Game Freak dan The Pokemon Company pun sepertinya setuju dengan fakta itu. Selain di game generasi empat, Cynthia juga muncul di beberapa game mainline Pokemon lain. Ia tidak hanya muncul di Pokemon Diamond/Pearl/Platinum, tapi juga Pokemon Black/White, Pokemon Black 2/White 2, dan Pokemon Sun/Moon. Dalam ketiga game tersebut, ia juga bisa kamu ajak bertarung dan akan memberikanmu tantangan serius.

Hadirnya Cynthia di Pokemon generasi keempat juga membuat banyak penggemar yang ingin Pokemon Diamond/Pearl/Platinum mendapatkan remake di console Nintendo modern. Setelah lama menunggu, game tersebut akhirnya mendapatkan remake di Nintendo Switch di bulan November 2021 nanti.


Kaoru

Hmmm...