[OPINI] 5 Alasan Bahwa PS3 Adalah Console PlayStation Terbaik (dan Masih Layak Dibeli)

Selamat ulang tahun ke-25, PlayStation! Untuk merayakan momen ini, mari kita bernostalgia sejenak. Apa konsol PlayStation favoritmu?


PS3 - Featured

Selamat ulang tahun, PlayStation! 25 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 3 Desember 1994, console pertama PlayStation dirilis di Jepang, dan mengubah wajah dunia gaming untuk selamanya. Perayaan hari kelahirannya ini adalah waktu yang tepat untuk kita bernostalgia. Apa console PlayStation favorit kamu? Apakah PS1 yang klasik dan penuh kenangan, PS4 yang canggih dan memanjakan, atau malah PS Vita yang keren namun nasibnya mengenaskan?

Bagi Gimbot, setiap console PlayStation punya kesan tersendiri, namun bila harus memilih satu yang terfavorit maka Gimbot akan memilih PS3. Memang si hitam gemuk yang satu ini bukan console terlaris di generasinya, kalah dengan Xbox 360 dan Wii. Akan tetapi dia punya berbagai keistimewaan yang membuatnya sangat keren dan layak dimiliki hingga sekarang. Apa saja keistimewaan itu?

Fitur Backward Compatibility yang Bagus

Breath of Fire IV - Screenshot
Siap nostalgia kapan saja | Sumber: Wargul

Backward compatibility adalah keunggulan PS3 yang masih belum bisa ditandingi oleh saudara-saudaranya, setidaknya untuk sekarang. Dengan satu perangkat saja, kamu bisa memainkan ratusan game keren dari dua generasi sebelumnya, PS1 dan PS2. Tidak perlu cari emulator atau bongkar-bongkar gudang untuk cari konsol lama, tinggal beli game digital di PS Store dan kamu bisa langsung nostalgia dengan Breath of Fire IV, Persona 3 FES, atau Chrono Cross.

Fitur ini lebih menarik lagi karena PS3 bebas dari region lock. Dengan membuat akun di PS Store region Asia atau Jepang, kamu juga bisa menemukan beragam game retro langka yang tidak pernah muncul versi Inggrisnya. Misalnya seri Marl Kingdom, Favorite Dear, dan Spectral Force.

Beragam Pilihan Output ke Layar TV

Dirilis di masa transisi antara televisi tabung dengan HDTV, Sony membekali PS3 dengan colokan yang memfasilitasi kedua generasi. Kamu bisa memasang console ini menggunakan sejumlah kabel berbeda, mulai dari S-Video, Composite AV, Component AV, HDMI, hingga yang cukup nyeleneh seperti SCART.

Tentu saja HDMI selaku format paling modern akan menghasilkan kualitas audio dan video terbaik (hingga 1080p). Tapi pilihan-pilihan output ini akan berguna bila kamu punya banyak konsol di rumah dan harus berbagi kabel. Gimbot termasuk gemar mengoleksi game retro, jadi kemudahan yang ditawarkan PS3 cukup membantu.

Tak Perlu Install, Cukup “Pop and Play”

The Last of Us - Screenshot
PS3 punya segudang judul game legendaris | Sumber: PlayStation

Era PS3 adalah era yang menyenangkan karena di masa ini game sudah semakin canggih tapi masih bisa dimainkan tanpa harus melakukan instalasi ke hard disk. Ada sejumlah game yang menawarkan fitur instalasi, akan tetapi jumlahnya sedikit dan biasanya opsional. Bila kamu ingin main sebuah game, kamu hanya perlu mengeluarkan keping Blu-ray dari kotaknya, masukkan ke console, dan voila! Game siap dimainkan.

Ini beda dengan dengan PS4, di mana semua game wajib di-install. Apalagi mengingat modern ini ukuran sebuah game bisa mencapai ratusan gigabyte. Terkadang kita terpaksa harus menghapus game demi menyediakan ruang untuk game lainnya. Masalah seperti ini tidak akan kita temui di PS3, kecuali kalau game milikmu digital semua.

Segudang Judul-Judul Game Berkesan

Baik eksklusif maupun non-eksklusif, PS3 punya game keren untuk siapa saja, dari genre apa saja. Penggemar JRPG misalnya, bisa menemukan judul-judul seperti Tales of Xillia, Ni no Kuni, hingga Child of Light. Dari genre first person shooter, console ini menyimpan sejumlah game legendaris antara lain Call of Duty: Modern Warfare 2, BioShock Infinite, dan Dead Space.

Perwakilan RPG barat tak kalah menarik, mencakup trilogi Mass Effect, Diablo III, hingga yang paling terkenal yaitu The Elder Scrolls V: Skyrim. Sedangkan di genre balap, generasi ini memunculkan beberapa judul favorit saya sepanjang masa, seperti GRID, Sonic & All-Stars Racing Transformed, serta Ridge Racer 7. Semua game ini menawarkan ratusan bahkan ribuan jam pengalaman seru, dan asyik sekali dijadikan bahan koleksi.

Membangkitkan Pasar Game Orisinal

Sebelum era PS3, hampir semua gamer di Indonesia adalah pengguna bajakan. Saking maraknya pembajakan di masa itu, sampai-sampai hingga kini masih ada gamer yang tidak tahu apa bedanya software orisinal dengan bajakan. Hal tersebut tentu cukup miris, apalagi mengingat industri game dalam negeri yang ketika itu sedang mulai berkembang.

PS3 yang relatif sulit dibajak kemudian memaksa gamer Indonesia pelan-pelan beralih ke game orisinal, dan budaya ini terbawa hingga ke generasi-generasi console berikutnya. Apakah pembajakan jadi hilang sama sekali di negara ini? Tentu tidak. Akan tetapi kini penggunaan game orisinal sudah jadi hal yang lumrah. Di samping mendukung perkembangan industri, pasar game orisinal ini juga jadi peluang bisnis yang menjanjikan.


Itulah lima alasan mengapa PS3 merupakan console PlayStation terbaik yang pernah ada. Tapi ini semua hanyalah pendapat personal dari Gimbot saja. Kamu mungkin punya pendapat berbeda. Apa console PlayStation favoritmu, dan mengapa?

Sumber Gambar: Michel Ngilen/Flickr


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.