Deretan Informasi Penting dari Konferensi Xbox di Ajang E3 2019


Tanpa adanya rival, Microsoft seolah menjadi tuan rumah bagi pengumuman aneka game di ajang E3 2019 ini.

Dengan absennya Sony, Microsoft seakan-akan memiliki panggung terbesar di E3 2019. Hal ini jelas menjadi momentum yang tidak boleh disia-siakan untuk Xbox. Oleh karena itu, mereka akhirnya menampilkan 60 informasi game terkini, di mana 34 di antaranya tayang perdana alias World Premier.

Game eksklusif seperti Halo: Infinite, Gears 5, Battletoads dan beberapa game indie dari Xbox Game Studios juga menyemarakkan event ini dengan memamerkan cuplikan story, gameplay, dan tanggal rilisnya

Tidak hanya game, Microsoft juga menyertakan beberapa cuplikan proyek game terbaru mulai dari proyek streaming game XCLOUD, Game Pass Ultimate, hingga Project Scarlett, next-gen console Xbox.

BACA JUGA: Ini Dia 42 Game Klasik yang Bakal Hadir di Sega Genesis Mini

Oke, tanpa perlu panjang lebar lagi, berikut ulasan lengkap daftar line-up game yang ditampilkan di E3 2019 Microsoft.

Cyberpunk 2077

Trailer terbaru Cyberpunk 2077 memperkenalkan karakter baru, Keanu Reeves. Dengan bantuan Keanu Reeves, CD Projekt Red mengumumkan tanggal rilis Cyberpunk 2077 pada 16 April 2020 untuk platform PS4 , Xbox One (PlayStation 4 Pro dan Xbox One X), dan PC.

Halo: Infinite

343 Industries mengungkapkan bahwa seri lanjutan Halo akan memiliki fitur 4-player split screen, tanpa ada battle royale atau money loot boxes. Bonnie Ross selaku pemimpin 343 Industries juga mengatakan Halo Infinite adalah “reboot spiritual” yang mengingatkan kembali pada kejayaan Halo di era Xbox pertama. Halo: Infinite sendiri rencana juga akan diluncurkan bersama dengan console terbaru Xbox yang masih disembunyikan dengan nama Project Scarlett.

Gears 5

Cuplikan Gears 5 menampilkan konflik internal yang dialami Kate terkait ingatannya seputar The Locust dan The Lambent. Yang mengejutkan dalam trailer kali ini adalah kemunculan gambar dari Myrrah, sang ratu dalang dibalik serangan invasi The Locust yang dulu pernah dibunuh oleh Marcus Fenix. Sepertinya, Kate memiliki hubungan darah dengan Myrrah.

Selain cerita, developer The Coalition juga memperkenalkan mode co-op baru bernama Escape. Tidak seperti mode Horde sebelumnya yang berfokus pada opsi bertahan, Escape mengharuskan kamu untuk kabur dari labirin Hive dan gelombang serangan Swarm. Mode ini dapat dimainkan hingga tiga pemain (online atau lokal).

Gears 5 sendiri menghadirkan Character Pack untuk Terminator Dark Fate. Terakhir, The Coalition mengumumkan bahwa Gears 5 akan dirilis pada 10 September 2019 untuk Xbox One, Xbox One X, dan PC. Microsoft juga mengumumkan Collector Edition yang akan memberikan replika drone Jack.

Battletoads

Battletoads mendapatkan cuplikan gameplay terbarunya dengan menampilkan fitur multiplayer hingga tiga pemain, style art yang lebih detail, dan body morphing untuk menampilkan gerakan karakter dari 3D dan 2D.

Para gamer yang pernah memainkan Battletoads di console NES dan Super Nintendo, jelas tidak boleh melewatkan game aksi beat-em up satu ini.

Project xCloud, Xbox Game Pass for PC, Xbox Elite Wireless Series 2

Project xCloud menuju Xbox One pada bulan Oktober mendatang. Phil Spencer mengungkapkan bahwa ini adalah layanan yang dapat melakukan streaming sehingga mengubah Xbox One pemain menjadi server pribadinya.

Info selanjutnya muncul dari Xbox Game Pass yang akhirnya akan menuju PC dan sementara dalam status open beta seharga $ 9,99 per bulan. Microsoft juga mengumumkan beberapa game baru nantinya akan menuju Xbox Game Pass mulai hari ini, antara lain Batman: Arkham Knight, Metro Exodus, Hollow Knight, dan Borderlands: The Handsome Collection.

Terakhir, perangkat terbaru Xbox Elite Wirelss juga diumumkan akan memiliki seri terbaru dengan fitur seperti konektivitas Bluetooth, tiga profil pengontrol khusus, dan masa pakai baterai 40 jam. Stik seharga tiga jutaan ini tersedia untuk pre-order mulai dari sekarang.

Akuisisi Double Fine oleh Xbox Game Studios

Double Fine Productions bergabung dengan Xbox Game Studios. Tim Schafer juga menampilkan trailer terbaru dari  Psychonauts 2, sekuel game platfomer yang mereka kembangkan sejak beberapa waktu silam. Beberapa game indie dari ID@Xbox juga turut memamerkan cuplikan game mereka di sesi ini.

Ori and the Will of the Wisps

Ori and Will of the Wisps mendapatkan trailer terbarunya dan tanggal rilis di Xbox One dan PC pada 11 Februari 2020.

Minecraft Dungeons

Minecraft Dungeons adalah game action-adventure ala Minecraft yang terinspirasi oleh classic dungeon. Kamu dapat bermain dengan tiga pemain lainnya untuk mengungkapkan sebuah rahasia dari dunia bawah tanah.

Elden Ring

Developer dari game Dark Souls, Bloodborne, dan Sekiro, yaitu FromSoftware mengumumkan game terbarunya Elden Ring hasil perpaduan game design dari sutradara Hidetaka Miyazaki dan penulis Game of Thrones, George R. R. Martin.

Bleeding Edge

Ninja Theory mengumumkan Bleeding Edge, game pertarungan 4 vs 4 yang dapat dimainkan mulai tanggal 27 Juni mendatang. Informasi seputar game ini sebelumnya telah dibocorkan oleh oknum tak bertanggung jawab di internet.

The Outer Worlds

The Outer Worlds, game sci-fi RPG dari developer Fallout: New Vegas akan dirilis pada 25 Oktober untuk Xbox One, PlayStation 4, dan PC. Game RPG berpenampilan first-person shooter ini juga akan tersedia di Xbox Game Pass pada hari pertamanya.

Project Scarlett

Setelah sebelumnya mendapatkan teaser di Xbox Twitter menjelang E3 2019, Phil Spencer akhirnya mengungkapkan sedikit informasi tentang console Xbox generasi terbaru, Project Scarlett. Console ini digadang-gadangkan memiliki kemampuan teknis yang jauh lebih baik dibanding generasi Xbox sebelumnya. Info lengkap Project Scarlett nantinya akan diumumkan menjelang musim liburan 2020 bersama kemunculan Halo: Infinite.

Selain game di atas, E3 2019 Microsoft menampilkan banyak sekali trailer story, gameplay, dan tanggal rilis seperti daftar di bawah ini:

Beberapa game di atas akan tersedia di Xbox Game Pass di hari pertama rilisnya. Bagi kamu yang belum tahu, Game Pass memiliki versi Xbox Game Pass Ultimate yang akan menggabungkan Xbox Game Pass dan Xbox Live. Xbox Game Pass Ultimate akan tersedia di akhir tahun ini dan dibanderol biaya US$14,99 /bulan.


Arya Adhitya

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.