5 Achievement Paling Kontroversi yang Ada Dalam Video Game

Sejumlah achievement kontroversi ini terjadi karena developer kerap menyuruh kita melakukan hal yang tidak bermoral!


achievement kontroversi

Achievement atau biasa kita menyebutnya tropi merupakan salah satu hal yang cukup penting bagi sebagian orang. Khususnya para pemburu achievement, mereka rela bermain game selama berjam-jam demi mendapatkan tropi sebanyak-banyaknya bahkan sampai meraih achievement terbaik yang jarang dimiliki orang-orang.

Uniknya, beberapa achievement tak mudah untuk didapatkan dan sebagiannya lagi sangat mudah didapatkan. Namun yang lebih mengejutkan, ada beberapa juga achievement yang membuat gamer terkejut dan mengerutkan dahi karena dianggap tak sesuai dan cenderung kontroversial.

Nah, lantas kira-kira apa saja achievement paling kontroversi itu? Berikut ulasan Gimbot.

1. Perverted – South Park: The Stick of Truth

achievement kontroversi

Dalam game ini, kalian bakal terkena sebuah kutukan sehingga akhirnya diri kalian bakal menjadi miniatur di sebuah kamar. Gilanya, itu adalah kamar dari orang tua kalian dan kalian bisa memilih untuk diam sejenak atau pergi. Jika diam sejenak, kalian akan diberikan adegan hubungan intim orang tua kalian di dalam game. Gilanya, melihat adegan tersebut bakal membuat kalian mendapatkan achievement.

Cukup berdiam diri menyaksikannya selama 60 detik dan kalian bisa mendapatkan tropi bernama Perverted di game South Park: The Stick of Truth. Tropi ini benar-benar kontroversi karena kalian harus melakukan hal yang sangat konyol dan seharusnya tidak boleh dilakukan tentunya.

2. R. Kelly’s Protégé – Postal 2

Ini menjadi salah satu achievement yang sangat kontroversial tentunya. Namun balik lagi, Postal 2 memang merupakan game yang benar-benar tak boleh disentuh oleh anak kecil sama sekali karena kerap menyajikan adegan-adegan kekerasan sampai hal-hal yang sangat konyol. Salah satu achievement yang kontroversi adalah R. Kelly’s Protégé.

Achievement ini bisa terbuka jika kalian melakukan buang air kecil ke wajah seseorang sampai orang tersebut muntah. Selain itu, yang menjadikan hal ini kontroversi adalah karena referensi dari pencapaian ini adalah sosok R. Kelly yaitu merupakan orang yang memang berhubungan dengan seks dan buang air kecil terhadap gadis di bawah umur.

Aksi ini dilakukan sebelum Postal 2 meluncur ke pasaran. Kasus Kelly menjadi salah satu kasus yang cukup ramai diperbincangkan.

3. What Are You Doing? – Nier: Automata

Salah satu achievement yang cukup kontroversi karena kalian harus melakukan hal yang sejatinya cukup menjijikan. Ya, untuk membuka achievement What Are You Doing? Di game Nier: Automata, kalian harus melihat rok dari karakter 2B. Memang jika melakukan ini, 2B akan otomatis berbalik untuk menutupi isi roknya. Gilanya, untuk mendapatkan achievement ini, kalian tak bisa melakukannya sekali saja.

BACA JUGA: Bad Dad Ever! Ini 5 Ayah Terburuk di Video Game

Setidaknya kalian butuh melihat rok 2B sebanyak 10 kali barulah achievement kontroversi ini akan terbuka. Mungkin beberapa orang kerap tidak bakal melakukannya karena terpentok moral. Namun bagi tropi hunter, achievement ini adalah salah satu yang paling mudah untuk diraih meskipun secara moralitas, achievement ini patut dipertanyakan.

4. The Menace to Society – Fable II

achievement kontroversi

Apa yang harus kalian lakukan untuk membuka achievement yang kontroversi ini? Mudah! Kalian harus melakukan hal yang tidak senonoh di depan publik atau melihat hero lain melakukan hal tersebut. Untuk melakukannya, kalian harus membuka gesture bernama Vulgar Thrust terlebih dahulu yang bisa kalian beli dan dapatkan melalui The Perv’s Handbook.

Kemudian datang ke alun-alun kota dan mulai melakukan hal tersebut di depan orang-orang. Beberapa NPC nantinya akan melaporkan kalian kepada pihak berwenang dan kalian akan mendapatkan achievement bersamaan dengan denda 10 emas karena melakukan tindak senonoh publik.

Hal ini adalah hal kontroversi karena di dunia nyata, ada orang-orang yang tentunya pernah menjadi korban dari pelecehan seksual model ini. Namun Fable II justru menjadikannya sebuah tropi atau semacam lelucon di dalam game tersebut.

5. Bros Before Hos – God of War: Ascension

Ini adalah pencapaian yang membuat SIE Santa Monica Studio sampai melakukan update karena didemo oleh para gamer. Ya, pada awalnya, achievement kontroversi ini diberi label Bros Before Hos. Namun kemudian diubah menjadi Bros Before Foes. Achievement ini tercapai setelah Kratos yang diserang oleh dua Fury kemudian membantainya, menginjak wajahnya, dan menusuknya secara brutal.

Achievement ini oleh beberapa gamer dianggap sebagai Misoginis sedangkan yang lainnya mengatakan bahwa apa yang Kratos lakukan sangat kekanak-kanakan. Sebagai wujud pertanggung jawaban, Santa Monica mengganti nama achievement yang tentunya dianggap tak terlalu ofensif.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.