7 Game Sepak Bola Paling Rekomendasi untuk Dimainkan


Ada beberapa game sepak bola yang sangat layak untuk dimainkan. Tidak hanya yang baru-baru saja melainkan juga yang jadul!

Sepak bola menjadi salah satu olahraga yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Dengan industrinya yang memang sudah sangat profesional, apa saja yang berbau sepak bola harus diakui selalu sukses termasuk video game-nya.

Untuk saat ini tercatat memang Pro Evolution Soccer (PES) dan FIFA merupakan pemilik game bola terbaik yang pernah ada.

Tapi jika merunut dari zaman dulu, sejatinya ada beberapa game sepakbola terbaik. Apa saja? Kita ulas satu per satu.

Pro Evolution Soccer/Winning Eleven

Pro Evolution Soccer (PES) atau di masa lalu disebut Winning Eleven merupakan salah satu game sepak bola terbaik yang pernah dibuat. Konami memang terhitung konsisten dalam mengembangkan franchise yang satu ini.

Dari tahun ke tahun pasti ada perubahan dan perbaikan yang dilakukan oleh PES. Salah satunya adalah implementasi engine yang kini menggunakan Fox Engine.

FIFA

FIFA 2020

FIFA merupakan rival dari PES bahkan tak berlebihan jika saya mengatakan jika FIFA adalah rival abadi dari PES.

BACA JUGA: Game Writer Legendaris, Berikut Profile Singkat Amy Hennig

Kekuatan FIFA sudah jelas karena mereka memiliki lisensi dan atmosfer pertandingan yang jauh lebih baik dibandingkan pesaingnya, PES.

FIFA Street

Game yang satu ini dikembangkan di era PlayStation 2. Nah, game ini menekankan sepak bola jalanan di mana freestyle benar-benar ditonjolkan.

Menariknya, di game ini tidak ada out sama sekali. Seri yang satu ini bakal hadir di FIFA 20 dengan nama Volta.

World Cup 98

Ya, game yang cukup unik di mana game ini dibuat ketika Piala Dunia 98 di Prancis dibuat. Game ini cukup keren karena dirilis dalam format 3D plus desain jersey tim yang benar-benar akurat seperti aslinya.

Yang paling unik adalah salah satu legenda sepak bola Inggris, Gary Lineker mengisi suara di dalam game ini.

Football Manager

Ya, salah satu game sepak bola yang dimainkan oleh gamer secara pasif. Pasif di sini adalah kita tidak bisa mengontrol para pesepak bola yang ada di lapangan ketika bertanding. Karena sesuai namanya, kita hanya menjadi manager di sini.

BACA JUGA: Game yang Cocok Dimainkan saat Mati Lampu

Kita menentukan strategi yang pas dan merekrut sejumlah pemain muda untuk nantinya diproyeksikan jadi pesepak bola handal masa depan. Bagi yang suka mengatur strategi, Football Manager wajib dimainkan. Game ini juga menjadi salah satu game sepak bola terbaik yang pernah dibuat.

Sensible Soccer

Meski grafisnya tidak bagus-bagus amat dan sudut pandang kameranya juga disorot dari atas, Sensible Soccer layak dianggap sebagai salah satu game sepak bola terbaik.

Game ini punya gameplay yang simpel dengan aksi-aksi yang cukup bikin kita terkejut. Misalnya adalah sliding tackle yang sangat brutal.

Super Shoot Soccer

Salah satu game yang populer di PlayStation 1 dan ketika Piala Dunia 2002 bergulir. Super Shoot Soccer tak seperti sepak bola biasa. Game ini memiliki keunikan tersendiri karena ada jurusnya.

Meski hanya tersedia tim negara, tapi masing-masing negara biasanya memiliki tiga jurus yang berbeda satu sama lain. Dengan adanya jurus, bermain sepak bola di Super Shoot Soccer menjadi lebih ikonik dan menarik tentunya.


Pentombled

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.