Jangan Asal Main! Baca 5 Guide Pokemon Unite Berikut Ini


Wajib baca untuk semua pemula yang baru akan memainkan Pokemon Unite!

pokemon unite guide cover

Bermain Pokemon Unite tidak gampang dan tidak susah selama kamu mengenali gameplay yang ada. Nah, biar kamu tidak asal main, Pokemon Unite Guide ini adalah panduan wajib bagi kamu yang baru saja mengenal dan ingin mencoba memainkan Pokemon Unite.

BACA JUGA: Review Pokemon Unite – Seru Tapi dengan Elemen Pay to Win

Simak Pokemon Unite Guide berikut ini sebelum kamu bermain!

1. Pokemon MOBA 5vs5

pokemon unite guide 1

Pokemon Unite adalah game multiplayer online battle arena (MOBA) di Pokemon Universe. Kamu akan bermain dalam tim dengan format 5vs5 dan bersaing satu sama lain dengan tim lawan untuk saling mendominasi peta selama 10 menit. Singkatnya, Pokemon Unite adalah ajang unjuk gigi untuk membuktikan bahwa kamu adalah Pokemon Trainer terbaik.

Terdapat tiga mode yang dapat dimainkan mulai dari Ranked, Standard, dan Quick. Mode Ranked dan Standard menggunakan format 5vs5 seperti game MOBA lainnya. Sedangkan di mode Quick kamu dapat mencoba memainkan pertandingan yang beragam 3vs3 atau 4vs4 di beberapa peta yang tersedia.

2. Tim dengan Poin Terbanyak yang Menang

pokemon unite guide 2

Aturan bermain di Pokemon Unite sangat mudah, tim yang mencetak poin lebih banyak dari tim lawan adalah pemenangnya. Kamu harus memiliki Aeos Energy dengan mengalahkan wild Pokemon yang tersebar di peta dan mengalahkan Pokemon musuh. Selanjutnya pergi ke arah gawang musuh dan cetak skor untuk mendapatkan poin.

Yang perlu kamu ingat adalah semakin banyak Aeos Energy yang kamu punya, waktu yang dibutuhkan untuk mencetak poin akan semakin lama. Jika kamu punya sedikit Aeos Energy, cetak poin secepat dan sebisa mungkin karena tim lawan dapat mengganggumu saat mencetak poin dengan menyerang.

Jika kamu berhasil mencetak poin, kamu akan mendapatkan heal. Kamu juga dapat mencetak poin lebih cepat bersama dengan rekan tim seperti ketika ada 1 rekan tim, score speed akan meningkat sebanyak 30% dan ketika ada 4 rekan tim akan meningkat sebanyak 60%.

Aeos Energy yang dapat kamu bawa bergantung pada level Pokemon yang dimiliki. Level 1-8 dapat membawa maksimum 30 Aoes Energy, level 9-11 dapat membawa maksimum 40 Aeos Energy, dan level 12-15 dapat membawa maksimum 50 Aeos Energy.

3. Map Lanes: Top, Middle, Bottom

pokemon unite guide 3

Peta bermain di Pokemon Unite terbagi menjadi dua bagian, Ally Side yang berada di kiri dan Opponent Side yang berada di kanan dan masing-masing akan memiliki 5 gawang. Ingat, peta ini dimainkan secara mirrored yang artinya kedua tim akan melihat tim mereka bermain dari sisi kiri.

Bahkan wild Pokemon yang ada juga mirrored dan boss Pokemon dapat ditemukan di tengah peta untuk memberi kedua tim kesempatan yang sama untuk mendapatkannya. Terakhir, ada tiga lanes atau jalur mulai dari Top, Middle, Bottom dan masing-masing dimainkan oleh Pokemon dengan role tertentu tergantung pada meta permainan.

4. Pokemon Role & Evolusi

Setiap Pokemon memiliki peran yang berbeda satu sama lain yang mirip dengan game MOBA lainnya dan menentukan bagaimana gameplay tim yang akan dimainkan. Pembagian role ini terdiri dari Attacker, Speedster, Defender, Supporter, dan All-Rounder. Biasanya, jalur Top dimainkan oleh Attacker dan Defender, jalur Middle dimainkan oleh Speedster, dan jalur Bottom dimainkan oleh All-Rounder dan Supporter.

Attacker adalah Pokemon dengan tipe damage deal tinggi mirip seperti Marksman. Speedster seperti Assassin yang dapat bergerak dengan cepat. Defender adalah Pokemon dengan tipe bertahan dan crowding control seperti Tank. Supporter bertugas memberikan buff untuk teman atau debuff untuk musuh. All-Rounder adalah campuran antara Attacker dan Defender mirip seperti Fighter.

Hanya satu Pokemon dengan nama sama yang dapat dipilih per tim. Setiap Pokemon juga dapat berevolusi seperti aslinya dengan mendapatkan EXP setelah mengalahkan wild Pokemon dan musuh. Kamu akan memiliki 2 skill dan 1 Unite Move sebagai ultimate. Sayangnya, serangan elemen Pokemon tidak mengikuti aturan yang sama seperti di game Pokemon lainnya.

5. Item: Held, Battle, Berries

Penting untuk mengetahui item apa saja yang dapat digunakan di Pokemon Unite untuk membantumu memenangkan pertandingan. Terdapat tiga item mulai dari Held Item, Battle Item, dan Berries. Held Item adalah item pasif yang memberikan peningkatan status. Battle Item dapat memberikan buff spesial sementara. Berries adalah item yang muncul di peta untuk menambah HP.

Tiap Pokemon dapat memiliki hingga 3 Held Item yang harus diatur secara manual oleh pemain sebelum memulai pertandingan. Held Item ini memiliki dua komponen: buff pasif untuk meningkatkan status dan efek pasif yang bergantung pada kondisi tertentu.

Battle Item memberikan efek buff spesial seperti peningkatan status serangan, teleportasi, atau menetralkan stun dari musuh. Item ini harus diaktifkan secara manual saat pertarungan dan memiliki cooldown. Berries adalah item berupa buah yang muncul di peta selama pertandingan.

Mengetahui jenis item apa yang sesuai dengan role Pokemon sangat penting. Misalnya, Attacker lebih cocok menggunakan item yang meningkatkan serangan (atau Sp. Atk) dan kecepatan serangan. Sedangkan, Defender lebih cocok dengan pemulihan HP.


Danu

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri game. Game favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.