Ga Boleh Absen, 5 Fitur Game yang Harus Ada di Setiap Video Game Zaman Now


Rasanya ngga afdol kalo kelima fitur ini ngga ada di video game saat ini, Gimbot rasa fitur-fitur berikut wajib ada!

fitur game yang harus ada di game zaman now

Fitur game menjadi salah satu pertimbangan paling penting oleh para developer sebelum mereka mulai menciptakan sebuah video game terbaru. Beberapa fitur yang sudah populer atau umum mungkin akan ditambahkan lagi.

Tapi Gimbot rasa di tahun 2019 ini, sangat disayangkan jika para developer melewatkan lima fitur game penting berikut ini.

Skip Cutscene

Kami yakin beberapa diantara kalian pasti pernah menjadi “korban” cutscene panjang yang tidak bisa dilewati langsung atau skip. Kami juga yakin kalian juga pernah jengkel ketika harus berulang kali melihat cutscene karena gagal mengalahkan bos sebelum akhirnya bisa kembali beraksi.

Kami mengerti bahwa kadang-kadang cutscene menjadi sebuah elemen yang penting bagi sebuah game untuk mengatur adegan yang menurut developer sangat penting untuk narasi plot dari game mereka.

Salah satu fitur game yang menurut kami harus ada di sebuah video game zaman sekarang adalah kemampuan untuk melakukan skip pada cutscene.

Masih ada game modern yang belum memberikan fitur skip cutscene, contohnya adalah Far Cry 5. Beberapa dari kalian mungkin tidak masalah dengan absennya fitur game skip cutscene ini, tapi sebagian dari kita sangat berharap developer menghadirkannya.

Skema Kontrol yang Bisa Diatur

Saat kita tengah berada dalam skenario memainkan dua atau tiga game berbeda sekaligus, terkadang kita akan dipusingkan dengan skema kontrol tombol yang sama sekali berbeda untuk setiap game-nya.

Sebagai contoh tombol X di game A berfungsi untuk lompat, tapi di game B bisa jadi tombol X tersebut fungsinya untuk menembak, atau jongkok.

Tentu saja ini akan sedikit menjengkelkan untuk beberapa gamer (termasuk Gimbot pribadi). Betapa indahnya jika di game masa datang para developer memasukan fitur game dengan opsi untuk menyatukan pengaturan tombol.

Opsi Mengganti Ukuran Teks

God of War dan Fire Emblem: Three Houses adalah dua game besar yang memiliki masalah ukuran teks yang secara tidak langsung sedikit mengganggu, sampai-sampai kami sedikit kesulitan untuk bisa membaca tulisannya.

Menu yang ada di game God of War dipenuhi dengan banyak fitur berbeda, seperti equipment, status, dan banyak hal lainnya untuk dilihat. Meskipun akhirnya sang developer, Santa Monica telah menambahkan pembaruan yang memungkinkan pemain untuk mengubah ukuran teks, tapi menurut kami seharusnya fitur game tersebut sudah ada sejak game itu diluncurkan.

Gimbot pribadi sebenarnya tidak ada masalah dengan penglihatan dan masih cukup baik untuk membaca teks dalam game, tapi bisa kita bayangkan bagaimana buruknya pengalaman yang bakal dirasakan oleh gamer yang memiliki masalah penglihatan.

Dan yang terpenting tidak semua orang juga memiliki TV atau layar dengan ukuran yang besar, jadi fitur game untuk memberikan pemain opsi mengubah ukuran teks menjadi salah satu hal wajib yang harus ada di video game masa depan.

Auto Saving

Fitur game ini sering absen dari genre yang cenderung berlangsung lama, seperti JRPG. Sebagian fan JRPG mungkin tidak akan setuju dengan kami, karena mungkin menurut mereka justru itu lah daya tarik memainkan JRPG.

Jika saja game seperti Persona 5 ada fitur game autosave setiap kali menyelesaikan pertempuran, mungkin game tersebut akan lebih cepat diselesaikan dan kita akan lebih punya banyak waktu untuk memainkan game JRPG lainnya.

Well, terlepas ada yang suka atau tidak suka, paling tidak developer game setidaknya menghadirkan opsi apakah pemain mau mengaktifkan autosave atau tidak.

Baca Juga: 5 Judul Game Terpanjang yang Bikin Beribet Bacanya

Tujuan awal dari diciptakannya sebuah game adalah untuk memberikan kesenangan untuk para pemainnya. Jika kita tengah asik bermain dan ditengah-tengah listrik padam, lalu kita akan harus mengulang progres dari awal yang mungkin cukup panjang, maka jelas banget kan, bukan kesenangan yang kita dapat, tapi malah makin jengkel.

File Penyimpanan Ekstra

sumber: polygon

Kalian mungkin pernah mengalami saat tengah bermain game tidak bisa menyimpan progres karena kapasitas system tidak cukup. Saat ini, sebagian besar game telah memiliki banyak file ekstra untuk penyimpanan, tetapi masih ada kalanya game tidak akan membiarkan kita memiliki lebih dari satu file penyimpanan, dan ini yang bakal bikin stres…

Banyak gamer yang suka bereksperimen dan mencoba hal-hal baru dan mencoba untuk mengambil rute lain dalam game favorit mereka, sehingga fitur game untuk penyimpanan ekstra sangat penting untuk dihadirkan.


Era