Rekap Berita Esports dalam Sepekan – 23 Maret 2020

Sejumlah pelaku industri olahraga beralih ke esports karena pandemi COVID-19. Ada juga kabar tim baru SonicFox serta ajang esports dari VIVO.


Kembali lagi bersama Gimbot dalam rubrik Rekap Berita Esports dalam Sepekan, edisi tanggal 23 Maret 2020. Seperti biasa, dalam artikel rutin ini kamu bisa mengikuti perkembangan terbaru dunia esports baik dari dalam maupun luar negeri.

Sejumlah pelaku industri olahraga, game, dan esports telah beradaptasi dalam rangka menghadapi pandemi COVID-19. Di samping itu, ada kabar soal tim baru SonicFox, serta ajang esports yang digelar VIVO bersamaan dengan peluncurkan produk smartphone di pasaran.

SonicFox Bergabung dengan Tim Evil Geniuses

Penggemar esports game fighting pasti tak asing dengan nama Dominique McLean alias SonicFox. Pria asal Amerika Serikat ini dikenal sebagai salah satu “dewa” game fighting, dengan lima gelar juara dunia EVO di berbagai cabang kompetisi berbeda. Ia terutama dikenal sebagai jagoan dalam permainan Mortal Kombat, Injustice, dan Dragon Ball FighterZ.

BACA JUGA: Impresi Demo Resident Evil 3 Remake – Sukses Penuhi Ekspektasi

SonicFox telah lama bermain untuk tim profesional Echo Fox, namun sayangnya Echo Fox terpaksa bubar karena berbagai kasus di tahun 2019 kemarin. SonicFox sempat menjadi free agent untuk beberapa saat, tapi kini ia direkrut menjadi salah satu atlet untuk Evil Geniuses. Tim ini juga merekrut Jon Coello alias dekillsage, salah satu pemain Dragon Ball FighterZ lain yang juga cukup berprestasi.

Gara-Gara COVID-19, Formula 1 Banting Setir ke Esports

Formula 1 hanyalah salah satu dari sekian banyak kompetisi olahraga yang kini vakum akibat wabah novel coronavirus. Beberapa waktu lalu kita sudah melihat adanya inisiatif dari sejumlah pembalap untuk mengalihkan aktivitas ke balap virtual sebagai ganti pertandingan Australia GP. Rupanya Formula 1 juga melakukan hal yang sama, bahkan dalam wujud liga esports resmi!

Liga esports baru ini disebut F1 Esports Virtual Grand Prix Series, dan diikuti langsung oleh sejumlah driver F1 asli. Tujuannya supaya para penggemar Formula 1 tetap bisa menikmati aksi balap para atlet kesayangan mereka di tengah-tengah wabah COVID-19, meskipun sifatnya hanya kompetisi virtual.

Tayangan perdana F1 Esports Virtual Grand Prix Series sudah mengudara di tanggal 22 Maret kemarin, dan akan terus berlanjut hingga bulan Mei 2020 (menyesuaikan dengan perkembangan kondisi pandemi). Kabarnya, tayangan tersebut berhasil menarik audiens hingga 350.000 viewer di Twitch, YouTube, dan Facebook. Kamu bisa lihat highlight pertandingannya lewat video di atas.

Razer Modifikasi Sebagian Pabrik untuk Produksi Masker

Sumber: Razer

Di tengah pandemi yang sedang berlangsung, sejumlah perusahaan ternama dunia telah bergerak untuk memberikan bantuan dalam berbagai wujud ke pihak-pihak terdampak. Salah satunya adalah perusahaan produsen perangkat gaming Razer. Hal ini diumumkan oleh CEO Razer, Min-Liang Tan, melalui akun Twitter miliknya.

Min-Liang Tan berkata bahwa sebagian pabrik mereka telah dimodifikasi menjadi fasilitas produksi masker yang akan disumbangkan ke berbagai negara. Razer menargetkan jumlah produksi dan donasi sebanyak hingga 1 juta masker, dan mereka telah bekerja sama dengan pemerintah Singapura untuk distribusinya.

Modifikasi pabrik serta donasi ini hanyalah salah satu dari beberapa langkah yang direncanakan Razer untuk berkontribusi terhadap kesehatan dunia. Contoh lainnya adalah giveaway sejumlah perangkat yang disebut “Social Distancing Starter Pack” untuk mendukung kehidupan para gamer di rumah. Razer juga terbuka terhadap korporat atau individu yang berminat untuk berkolaborasi dalam memberikan kontribusi serupa.

Sambil Launching Produk Baru, VIVO Gelar VIVO Esports Cup 2020

Sumber: Skyegrid Media

VIVO belum lama ini meluncurkan sebuah produk smartphone baru di Indonesia, yaitu VIVO V19 yang dilengkapi dengan SoC Qualcomm Snapdragon 675 AIE di dapur pacunya. Bersamaan dengan itu, VIVO juga meluncurkan kompetisi esports bertajuk VIVO Esports Cup 2020. Mereka menawarkan hadiah senilai total Rp200.000.000.

Dilansir dari Skyegrid Media, kompetisi ini telah membuka pendaftaran mulai tanggal 10 Maret lalu dan akan ditutup pada tanggal 25 Maret mendatang. Terdapat dua cabang kompetisi di ajang ini, yaitu Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile. Babak kualifikasi dilakukan di enam regional pulau, sementara babak finalnya akan digelar di Jakarta pada bulan April mendatang.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.