Pencetus Game Narasi Horor Unik, Ini Profil Singkat Supermassive Games!

Supermassive Games merupakan salah satu developer game yang cukup keren dalam menyajikan ide-ide horor. Bahkan mereka kerap mendapatkan sejumlah penghargaan.


Supermassive Games

Supermassive Games merupakan salah satu developer yang cukup cerdik dalam menggarap sebuah ide di dalam game mereka. Ya, developer yang satu ini menciptakan sebuah hal yang cukup menyegarkan di dalam sebuah game horor meskipun tidak sepenuhnya baru di mana game-game besutan Supermassive ini lebih mengedepankan aspek cerita dan pilihan namun dibalut dengan bumbu horor yang mengerikan dan siap membuat gamer kaget.

Until Dawn dan Man of Medan adalah dua game yang benar-benar membuat nama mereka melambung tinggi di mata para gamer. Sebagai sebuah developer yang berhasil mencuri pandangan gamer, kira-kira bagaimana profil singkat dari Supermassive Games? Berikut ulasannya.

Baru Berdiri dan Punya Nilai-nilai Luhur

Supermassive Games

Supermassive Games adalah sebuah studio indie yang diciptakan di tahun 2008 di mana studio atau developer ini hanya terdiri dari 150 orang karyawan saja. Tapi meski begitu, Supermassive sendiri mengatakan jika 150 orang ini adalah orang yang sangat berbakat di bidangnya dalam mengembangkan judul-judul untuk Supermassive Games.

Mereka sendiri merupakan studio yang selalu menjadikan kualitas sebagai landasan utama. Hal inilah yang membuat kualitas mereka akhir-akhir ini selalu menjadi hits di berbagai platform permainan. Supermassive dalam praktiknya bekerjasama dengan berbagai pihak seperti ITN Production dan Games Trade Body.

BACA JUGA: 5 Game Crash Bandicoot yang Ternyata Batal Diproduksi

Tak cuma dari sisi bisnis saja, Supermassive Games juga bekerjasama dengan sebuah lembaga amal dan pendidikan bernama GamesAid. Meskipun tergolong baru, Supermassive Games memiliki nilai-nilai luhur yang cukup bagus untuk mereka terapkan.

Setidaknya ada empat nilai yang mereka percayai yaitu inovasi, kualitas, kejujuran, dan satu pemikiran. Inovasi membuat mereka harus menciptakan hal-hal berbau kreativitas untuk mendorong batas-batas industri game. Mereka menganggap sebuah tantangan teknis sebagai sesuatu yang harus dihadapi, bukan ditakuti.

Kemudian ada kualitas, di mana hal tersebut adalah segalanya dan tingkat produksi yang tinggi adalah norma mereka. Ya, hal ini yang membuat Supermassive lebih fokus pada game berbasis cerita yang memberikan pengalaman imersif kepada gamer.

ketiga adalah kejujuran di mana semua keputusan yang diambil berdasarkan dari diskusi yang jujur. Dengan begini, tim akan sehat dan mereka juga tidak akan berpolitik di perusahaan tersebut karena mementingkan kejujuran.

Yang terakhir adalah satu pemikiran di mana semua tim saling mendukung dan jika sukses, mereka akan sukses bersama dan merayakannya bersama. Bahkan Supermassive menjadi kantor video game yang asik karena terdiri dari banyak sekali kultur.

Menang di Sejumlah Penghargaan

Supermassive Games

Sebagai developer yang lebih fokus pada kualitas, hal inilah yang kemudian mendorong Supermassive Games sukses memenangi BAFTA terkait inovasi dalam cerita dan juga VR. Bahkan Until Dawn menjadi game yang diganjar penghargaan BAFTA sebagai game yang punya inovasi paling menarik.

Selain BAFTA, masih banyak lagi penghargaan yang mereka dapatkan seperti di tahun 2012 mereka mendapatkan penghargaan di Tech Track 100 sebagai salah satu perusahaan teknologi di UK yang peningkatannya paling cepat.

Penghargaan sebagai perusahaan yang perkembangannya paling pesat ini mereka dapatkan juga di tahun 2013 dari Deloitte UK Technology dan Deloitte EMEA Technology. Tak cuma itu, di tahun 2019, produk terbaru mereka yakni Man of Medan masuk ke dalam nominasi di Golden Joystick Awards sebagai salah satu game multiplayer terbaik.

Sekarang, Supermassive Games sedang dalam fokus mengembangkan The Dark Anthology di mana seri pertamanya, Man of Medan telah meluncur. Di tahun 2020 ini kita bakal kedatangan seri baru dari The Dark Anthology yang berjudul Little Hope. Kabarnya, seri The Dark Picture Anthology akan dirilis enam bulan sekali dan akan terdiri dari delapan buah game.

Developer yang Bebas Berekspresi

Supermassive Games

Harus diakui bahwa Supermassive Games adalah sebuah developer yang cukup unik di mana mereka benar-benar bebas berekspresi. Ya, mereka bisa meluncurkan game di mana pun. Hal ini tercermin dari Until Dawn yang rilis eksklusif di PlayStation 4 saja karena mereka bermitra dengan Sony.

Namun beberapa tahun kemudian, Supermassive menelurkan sebuah game baru yaitu Man of Medan yang ternyata dirilis di berbagai platform. Hal ini dikarenakan saat ini mereka sedang bermitra dengan Bandai Namco Entertainment yang memang sudah fokus dengan multi platform.

Dengan bebasnya bekerjasama dengan siapapun dalam proyek apapun, Supermassive Games menjadi developer yang cukup bisa diperhitungkan karena mereka bisa membuat game yang kualitasnya sesuai dengan apa yang mereka harapkan tanpa intervensi dari siapapun.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.