One Hit! 5 Karakter Game ini Langsung Terkenal saat Debut


Diracik dengan sangat niat, sejumlah karakter ini langsung terkenal saat debutnya di industri game dan bertahan selama bertahun-tahun.

Karakter Terkenal Awal Debut

Menciptakan karakter yang ikonik cukup menyita tenaga tentunya. Banyak hal yang harus dipelajari, salah satunya adalah mengenai selera gamer agar karakter yang dibuat langsung melekat di hati. Beruntung, dengan sejumlah penelitian, ada beberapa developer yang mampu melakukan one hit di mana karakter baru ciptaan mereka langsung melambung tinggi dan popular di mata para gamer.

Yang membuat para gamer langsung suka dengan para karakter ini tentu saja karena mereka semua memiliki karakter yang ikon dan beda dibandingkan karakter lain pada saat itu. Kira-kira karakter apa saja yang langsung terkenal ketika debut? Berikut ulasannya!

Kratos – God of War

debut

SIE Santa Monica Studio melakukan one hit ketika mereka menciptakan sebuah game bernama God of War di tahun 2005 tepatnya di era PlayStation 2. Game eksklusif ini sukses mengatrol penjualan PlayStation 2 dengan sangat masif terlebih lagi Kratos bukan karakter yang sama seperti hero-hero lainnya. Ya, alih-alih menjadi orang baik, Kratos digambarkan sebagai orang yang gampang marah, kuat, dan rela melakukan apapun demi mencapai tujuannya.

Digambarkan berbeda dari karakter utama lainnya, nama Kratos langsung melambung tinggi. Belum lagi Kratos memiliki lore cerita yang juga unik di mana bersinggungan langsung dengan dewa dan dewi Yunani yang terkenal.

Dengan karakter yang ikonik ditambah lore cerita yang kuat, Kratos langsung disukai para gamer. Kehadirannya kembali di tahun 2018 langsung disambut dengan gegap gempita oleh gamer di seluruh dunia terlebih Kratos kini memiliki watak yang jauh berbeda dibandingkan dengan dulu.

Crash Bandicoot – Crash Bandicoot

Crash Bandicoot – Crash Bandicoot

Debu Crash Bandicoot di tahun 1996 menjadi tonggak sejarah. Pasalnya, karakter yang satu ini langsung selalu menjadi karakter di game yang dicari semenjak saat itu. Crash juga dibuat untuk menjadi ikon PlayStation di mana saat itu Sega memiliki Sonic sebagai ikon, dan Nintendo punya Mario sebagai ikon.

Crash disukai karena tentu memiliki keunikan tersendiri di mana karakter ini sangat kuat namun tetap konyol. Ya, bahkan ketika game over sekalipun, Crash digambarkan oleh sang pencipta, Naughty Dog dengan sangat lucu.

Selain karakter yang kuat, Crash debut di dalam sebuah game yang formatnya adalah 3D plus memiliki visualisasi terbaik pada saat itu. Bahkan Crash juga yang melambungkan nama Naughty Dog sehingga proyeknya selalu diantisipasi oleh para gamer.

Solid Snake – Metal Gear

Solid Snake – Metal Gear

Mungkin terasa aneh jika mengatakan debut sebenarnya dari seorang Solid Snake bukanlah di game Metal Gear Solid tahun 1998 yang merupakan salah satu game fantastis untuk PlayStation. Namun sebenarnya, Snake pertama kali hadir di game Metal Gear tahun 1987. Ya, namanya hanya Metal Gear, bukan Metal Gear Solid. Game ini pertama kali dirilis pada Komputer MSX2 di Jepang dan kemudian dirilis secara global untuk Nintendo Entertainment System. Tak hanya Solid Snake, hadir juga Big Boss yang kemudian menjadi salah satu tokoh penjahat ikonik.

BACA JUGA: Franchise Game yang Melakukan Lompatan Grafis Paling Signifikan

Dalam debutnya, Snake langsung mendapatkan pandangan sebagai sosok yang memang luar biasa sebagai agen rahasia. Sebenarnya pada saat itu diperkenalkan juga metode stealth, namun karakter keterbatasan teknologi, stealth tak begitu maksimal. Dalam debutnya, Snake langsung disukai hingga akhirnya jadi karakter yang ikonik.

Mario – Donkey Kong

Mario – Donkey Kong

Salah satu ikon terbaik sepanjang masa dari Nintendo, Mario ternyata hadir pertama kali di game Donkey Kong. Semenjak itu, sang tukang ledeng langsung memiliki sejumlah seri ternama yaitu Super Mario Land, ke Super Mario Bros, ke Super Mario World, ke Mario Kart, ke Super Mario 64. Mario, seakan memang memiliki magnet tersendiri.

Mario di game Donkey Kong diberi nama Jumpman yang diceritakan harus menyelamatkan pacarnya yang ditangkap oleh Donkey Kong. Mario mendapatkan panggung sejak saat itu dan memang sangat layak dianggap yang terbaik.

Sonic – Sonic the Hedgehog

debut

Sega memang sejak awal menjadikan Sonic sebagai karakter untuk menyaingi Mario dan pada saat itu, Sega melakukan hal yang tepat karena kenyataannya, Sonic dalam debutnya langsung mendapatkan perhatian dari para gamer dan mampu bersaing dengan Mario. Tapi untuk saat ini, Sonic memang bisa dibilang melempem.

Lantas apa yang membuat Sonic begitu sukses dalam debutnya? Mungkin faktor utamanya adalah Stage Green Hill.

Ya, ini adalah level pertama yang diperkenalkan di game Sonic the Hedgehog tahun 1991. Bahkan bisa dibilang, Green Hill jadi zona paling ikonik di industri game. Zona ini memberikan pendekatan baru untuk game platformer di mana Green Hill tak hanya didominasi bidang datar.

Sonic yang digambarkan sebagai sosok yang mampu berlari dan roll dengan sangat cepat memang klop dengan Green Hill yang dirancang sedemikian rupa. Konsep dari Green Hill mirip seperti arena roller coaster. Kemampuan Sonic begitu terlihat ketika gamer memainkannya di Zona Green Hill.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.