Kangen Super Shot Soccer PS1? Kamu Harus Coba Kopanito All-Stars Soccer!

Game olahraga tidak selalu harus realistis. Kadang aturan "ngawur" serta jurus tak masuk akal justru lebih fun, seperti game yang satu ini.


Game olahraga sering kali menekankan realisme sebagai nilai jualnya, tapi tidak selalu demikian. Ada juga pangsa pasar untuk game olahraga yang jauh dari kata realistis, bahkan terkadang game setipe ini bisa jadi sangat berkesan. Lupakan hukum fisika dan aturan baku dunia nyata, yang penting kita have fun saja sambil tertawa-tawa.

BACA JUGA: Monster Hunter World Gratis untuk Pengguna PS Plus Asia! Langsung Sikat!

Gamer era PS1 mungkin masih ingat dengan game sepak bola kocak berjudul Super Shot Soccer. Sekilas game tersebut punya tampilan mirip dengan game bola pada umumnya, misalnya Winning Eleven atau FIFA. Tapi sebetulnya setiap tim memiliki keahlian spesial yang keren dan lebay, satu jurus saja dikeluarkan sudah bisa membalikkan kondisi pertandingan.

Nah, kalau kamu rindu dengan game sepak bola yang fun dan jenaka seperti Super Shot Soccer, Gimbot punya rekomendasi game menarik untuk kamu coba. Game itu berjudul Kopanito All-Stars Soccer, hasil karya developer indie Merixgames yang dirilis pada tahun 2016 lalu. Game ini tersedia untuk PC via Steam, dan bisa kamu beli dengan harga yang sangat murah, hanya Rp48.999.

Kopanito All-Stars Soccer adalah game sepak bola dengan tampilan visual kartun yang kocak. Kamu yang dulu mengalami masa-masa NES mungkin akan langsung teringat pada game lawas berjudul Power Soccer atau Goal 3 (di Jepang dikenal dengan judul Kunio-kun no Nekketsu Soccer League). Keseruan game ini, tentu saja, adalah aturan mainnya yang tidak masuk akal dan banyaknya jurus-jurus aneh pengocok perut.

Dalam Kopanito All-Stars Soccer, pertandingan di lapangan dilakukan dalam tim 6-lawan-6. Setiap pemain punya gerakan sangat cepat dan mampu melakukan sliding tackle dari jarak jauh, tapi kamu sama sekali tak perlu takut akan pelanggaran sebab pertandingannya tidak memiliki wasit!

Seiring pertandingan berjalan tim yang kamu mainkan akan mengisi meteran energi, dan bila meteran itu sudah penuh kamu bisa mengeluarkan berbagai macam jurus. Mulai dari yang masih terlihat agak normal seperti tendangan berkekuatan tinggi, sampai yang ngawur seperti membuat bola menghilang, membekukan pemain lawan, atau meletakkan kipas angin raksasa di belakang gawang.

Uniknya, meskipun Kopanito All-Stars Soccer adalah game yang penuh dengan aksi lawak, game ini tetap membutuhkan skill. Timmu dan tim lawan punya keahlian yang setara, ditambah lagi game ini memiliki sejumlah fitur slow motion yang membuat aktivitas menyerang maupun bertahan jadi lebih strategis.

Jurus-jurus spesial juga tidak menjaminmu pasti menang. Selain karena kamu tidak bisa mengeluarkannya setiap saat, eksekusi jurus spesial di waktu yang buruk hanya akan berujung sia-sia. Namun bila kamu menggunakan strategi yang benar, jurus-jurus ini bisa jadi pengantar kemenangan sekaligus jadi penghibur yang seru. Walaupun bernuansa jenaka, Kopanito All-Stars Soccer bukanlah game yang bisa dimainkan asal mengandalkan keberuntungan semata.

Kopanito All-Stars Soccer sangat Gimbot rekomendasikan untuk kamu mainkan di kala senggang bersama teman. Game ini mendukung fitur multiplayer hingga 10 orang (5-lawan-5), dan kamu bisa bermain multiplayer secara lokal maupun online. Asyiknya lagi game ini juga mendukung fitur Steam Remote Play, sehingga kamu bisa mengajak orang lain bermain bahkan walaupun ia belum memiliki game-nya, asalkan koneksi internet kalian berdua cukup kuat untuk streaming.

Kopanito All-Stars Soccer sedang mendapat diskon 80% di Steam sampai tanggal 27 Maret 2020, jadi kamu dapat membelinya dengan harga Rp9.799 saja! Dengan harga begitu murah, game ini dijamin bisa memberikan hiburan yang memuaskan untuk mengisi waktu bersama teman. Bermain sendirian pun tak masalah, sebab game ini menawarkan tingkat kesulitan yang cukup menantang dan punya cukup banyak konten unlockable untuk dikoleksi. Tertarik mencoba?

Steam Link: Kopanito All-Stars Soccer


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.