Melekat Di Hati! 5 Game Multiplayer PlayStation 2 Terbaik!


Tak mau kalah dengan PlayStation 1, di PlayStation 2 juga terdapat sejumlah game multiplayer terbaik di masanya loh!

Game multiplayer

Multiplayer game merupakan salah satu terobosan yang masih cukup berkembang saat ini. Di masa lalu, para developer memanfaatkan fitur split screen di mana pada saat itu internet masih belum se-masif sekarang. Nah, di era internet yang cukup masif seperti saat ini, para developer game kebanyakan menggunakan fitur online sebagai basis multiplayer.

Bicara mengenai multiplayer, mekanisme ini sejatinya sudah ada sejak dulu bahkan di era PlayStation 2, ada beberapa game ikonik yang menggunakan sistem multiplayer. Sebelumnya Gimbot sudah membahas mengenai lima game multiplayer PlayStation 1 terbaik beberapa waktu lalu dan kali ini Gimbot bakal membahas mengenai game multiplayer PlayStation 2 terbaik.

Meski tidak se-masif era PlayStation 1, di era PlayStation 2, ada beberapa game multiplayer yang tampil cukup menjanjikan. Kira-kira apa saja? Berikut ulasannya!

Twisted Metal: Black

Twisted Metal: Black

Twisted Metal tak bisa dipungkiri merupakan salah satu game yang cukup diantisipasi di masanya. Di era PlayStation 1 dan PlayStation 2, franchise yang satu ini benar-benar bersinar terang. Twisted Metal sendiri merupakan game battle royale yang melibatkan banyak kendaraan luar biasa di mana masing-masing karakter akan bertempur dalam satu arena untuk jadi yang terkuat.

Nah, di era PlayStation 2, ada game bernama Twisted Metal: Black yang diakui sebagai salah satu game multiplayer terbaik PlayStation 2. Kalian bisa bermain bersama teman dan saling bekerjasama untuk menamatkan campaign mode. Tak hanya itu, game ini memungkinkan kalian bermain hingga empat orang.

Selain itu, yang patut diacungi jempol adalah grafis di game ini cukup luar biasa sehingga membuat pertempuran multiplayer semakin terlihat liar tentunya.

Pro Evolution Soccer 6

Pro Evolution Soccer 6

Jika bicara urusan multiplayer, game yang satu ini sama sekali tidak boleh ketinggalan. Ya, Pro Evolution 6 adalah salah satu game legendaris dan yang paling banyak peminatnya di console tersebut! Sebelum pindah ke generasi selanjutnya, Pro Evolution 6 adalah rajanya game sepak bola di era PlayStation 2. Game ini adalah puncak kejayaan di era console tersebut.

Di game ini suasana pertandingan cukup luar biasa dan gameplay mendapatkan improvisasi yang cukup terasa. Selain itu, game ini mendapatkan berbagai mod yang membuatnya terlihat semakin menarik. Sebagai sebuah game sepak bola, tentu saja Pro Evolution Soccer 6 bisa dimainkan oleh dua atau lebih gamer. Di sini gamer bisa bermain co-op sampai saling beradu di liga atau cup.

WWE Smackdown: Here’s Come to Pain

WWE Smackdown: Here’s Come to Pain

Dulu kita biasa menyebutnya sebagai Smackdown Pain! Ya, game ini adalah salah satu game WWE terbaik yang pernah dibuat oleh THQ. Dari soal grafis, game ini memang cukup bagus pada masanya bahkan cukup terasa lompatan grafis yang dilakukan THQ ketika meluncurkan game ini. Selain faktor grafis, tentu saja fitur multiplayer-nya yang cukup luar biasa.

Dengan gameplay yang simpel namun tetap solid, game ini cocok dimainkan oleh semua tipe gamer baik yang casual maupun hardcore. Tidak seperti di game WWE era selanjutnya yang memiliki gameplay serta control yang rumit, di sini semuanya simpel.

BACA JUGA: Achievement Paling Susah untuk Diraih – Part 2

Di samping itu, banyaknya mode permainan membuat multiplayer di game ini tidak monoton. Kalian bisa bermain tag team di mana para player-nya saling berteman atau saling berhadapan di banyak event ikonik WWE seperti Money In the Bank, Cage Match, atau Buried Alive.

Bagi anak rental yang patungan bersama temannya, WWE Pain adalah salah satu game yang wajib mereka mainkan sehingga menjadikannya game multiplayer terbaik yang pernah ada di era PlayStation 2.

Tom Clancy’s Splinter Cell: Chaos Theory

Tom Clancy’s Splinter Cell: Chaos Theory

Tom Clancy’s Splinter Cell: Chaos Theory merupakan salah satu game stealth terbaik yang pernah dibuat. Ada banyak aksi stealth yang membuat kita takjub terhadapnya. Tapi yang lebih menakjubkan adalah game ini punya fitur multiplayer. Bahkan meski memiliki fitur tersebut, aksi stealth yang menjadi inti permainan ini tetap terjaga dengan baik.

Di game ini ada tujuh misi multiplayer khusus yang berjalan beriringan. Ya, kalian harus melakukan kerjasama dengan baik untuk bisa menyelesaikan misi tersebut sehingga menjadikannya salah satu game yang memiliki pengalaman multiplayer terbaik di era PlayStation 2.

Menjadikan kerjasama sebagai basis utama tentu membuat kalian sebagai player harus saling berkomunikasi. Tidak ada istilah jalan sendiri-sendiri karena jika begitu, misi kalian bakal gagal. Selain bekerjasama, para gamer yang memainkan multiplayer di game ini juga bisa saling berhadapan.

Di mode saling berhadapan, gamer harus berkompetisi mencari disk yang tersebar di sekitar level. Di samping itu ada mode Deathmatch yang membuat gamer harus saling bunuh dan beradu stealth tentunya.

TimeSplitter: Future Perfect

TimeSplitter: Future Perfect

TimeSplitter: Future Perfect adalah salah satu game multiplayer terbaik yang pernah ada. Ya, game ini bisa dimainkan dalam mode co-op kompetisi hingga empat orang pemain. Dipadukan dengan gameplay shooter yang menawan, game ini benar-benar menyajikan pengalaman bermain terbaik di console PlayStation 2.

Ada beberapa tawaran mode multiplayer salah satunya adalah mode virus di mana para gamer harus saling berjuang untuk terhindar dari sebuah infeksi virus yang cukup mematikan. Di sini gamer bekerjasama dengan role masing-masing agar selamat dari infeksi virus tersebut.

Bisa dibilang, ini adalah salah satu hidden gem di era PlayStation 2 di mana cukup sedikit orang yang tahu namun game ini sebenarnya memiliki kualitas yang bisa dibilang baik khususnya dari segi gameplay multiplayer.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.