Daftar Game Ekslusif di PS4 yang Harus Kamu Mainkan


Salah satu alasan kuat mengapa PS4 ini begitu populer adalah karena memiliki banyak game ekslusif mulai dari God of War, TLOU, dan Uncharted.

Total penjualan PS4 di akhir tahun 2020 diperkirakan akan menyentuh angka 100 juta unit. Salah satu alasan kuat mengapa PS4 ini begitu populer adalah karena memiliki banyak game ekslusif.

BACA JUGA: 7 Alasan Kenapa PS4 Lebih Baik dari Xbox One

Lihat saja bagaimana God of War mendominasi tahun 2018 dengan memenangkan banyak penghargaan dan menyabet gelar Game of the Year. Hal ini sekaligus meruntuhkan anggapan bahwa game bertemakan single-player telah mati.

Apa rahasianya dan bagaimana Sony sukses memiliki sederetan game ekslusif mumpuni di PS4? Semuanya tidak terlepas dari peran developer. Sony memberikan kebebasan penuh kepada developer untuk urusan pengembangan sehingga game yang dihasilkan sangat maksimal.

Berikut beberapa daftar game ekslusif terbaik yang dapat kamu mainkan di PS4:

— Adventure —

Detroit: Become Human

Developer: Quantic Dream | Rilis: 25 Mei 2018

Game ini menekankan pentingnya controllable perspective dengan memainkan beberapa karakter yang bisa mati seiring berjalannya cerita. Kamu dapat berinteraksi dengan objek dan setiap dialog yang dipilih akan menentukan jalan cerita yang berbeda-beda.

Ceritanya mengisahkan tiga Android: Kara yang melarikan diri dari pemiliknya untuk menemukan perasaan yang baru dirasakannya pada seorang gadis muda; Connor yang bertugas memburu Android yang hidup; dan Markus yang mengabdikan dirinya untuk melepaskan Android lain dari perbudakan.

Journey

Developer: Thatgamecompany | Rilis: 21 Juli 2015

Dalam Journey, kamu mengontrol sosok berjubah di padang pasir yang melakukan perjalanan ke arah gunung dari kejauhan. Menariknya, kamu dapat bertemu dengan pemain lainnya dalam perjalanan dan membantu satu sama lain.

Tetapi tidak dapat berkomunikasi melalui ucapan atau teks dan tidak dapat melihat nama satu sama lain sampai setelah scene credits. Satu-satunya bentuk komunikasi yang dapat dilakukan adalah lonceng musik yang akan memandu setiap teka-teki yang ada.

Until Dawn

Developer: Supermassive Games | Rilis: 25 Agustus 2015

Berlokasi di Kanada Barat, Until Dawn menceritakan sekelompok delapan remaja yang berlibur di akhir pekan di sebuah pondok Blackwood Mountain, tepat satu tahun setelah hilangnya dua gadis, saudara kembar dari seorang anggota kelompok mereka.

Tidak lama, mereka diserang oleh orang gila dan berusaha bertahan hidup sampai matahari terbit. Sepanjang permainan, kamu akan bergantian memerankan karakter dan membuat pilihan untuk mempengaruhi hasil permainan yang mengarah ke ratusan skenario yang berbeda.

— Action-Adventure —

Concrete Genie

Developer: PixelOpus | Rilis: 2019

Game ini menceritakan seorang anak laki-laki bernama Ash di sebuah kota kecil bernama Denska yang sebagian besar telah ditinggalkan dan tercemar. Ash sendiri memiliki hobi menggambar di buku catatannya.

Sialnya, sekelompok pengganggu mencuri buku itu, merobek halaman-halaman, dan menyebarkannya ke seluruh kota. Dalam perjalanan, Ash menyadari bahwa coretan gambar dari buku catatannya menjadi hidup.

Days Gone

Developer: SIE Bend Studio | Rilis: 26 April 2019

Days Gone mengusung tema post-apocalyptic di mana kamu harus bertahan hidup dari fenomena pandemik yang menewaskan hampir semua umat manusia dan mengubah jutaan orang menjadi Freakers, makhluk zombie yang haus darah.

Kamu akan memainkan Deacon St. John, seorang mantan pemburu dan pemburu hadiah yang memiliki kendaraan motor yang dapat dimodifikasi. Terdapat berbagai macam senjata yang dapat digunakan untuk stealth, jarak jauh, dan pendek.

Death Stranding

Developer: Kojima Productions | Rilis: TBA

Sepak terjang Kojima dalam menciptakan Metar Gear telah dikenal sebagai salah satu pelopor game action yang mengusung gaya bermain stealth. Tentu semua orang berharap banyak pada game barunya ini.

Tidak ada petunjuk yang jelas mengenai game ini karena memang masih samar-samar. Menarik ditunggu seperti apa kelanjutan mengenai game ini kedepannya.

Ghost of Tsushima

Developer: Sucker Punch Productions | Rilis: TBA

Mengambil latar belakang tahun 1274 di Pulau Tsushima, game ini menceritakan mengenai samurai terakhir, Jin Sakai, selama invasi Mongol pertama di Jepang.

Jin harus menguasai gaya bertarung baru, Ghost, untuk mengalahkan bangsa Mongol dan membuka jalan untuk kemerdekaan Jepang. Pemain dapat menggunakan senjata seperti katana.

God of War

Developer: SIE Santa Monica Studio | Rilis: 20 April 2018

Tidak seperti seri sebelumnya, seri kali ini mengambil latar belakang mitologi Norse yang berfokus di Midgard. Untuk pertama kalinya, terdapat dua protagonis utama, Kratos, mantan Dewa Perang Yunani sebagai karakter utama dan putranya Atreus.

Seperti biasa, kamu dapat melakukan serangan kombo menggunakan senjata kapak secara bertubi-tubi. Sepanjang perjanalan, kamu akan bertemu monster dan dewa-dewa dari dunia Norse.

Horizon Zero Dawn

Developer: Guerrilla Games | Rilis: 28 Februari 2017

Horizon Zero Dawn adalah salah satu game action-adventure yang unik. Kamu akan memainkan Aloy, seorang pemburu yang hidup di dunia yang dijalankan oleh mesin dan mencari mengenai masa lalunya.

Selama perjalanan, kamu akan bertemu dengan berbagi monster mesin. Kamu dapat menggunakan senjata jarak jauh, tombak, dan lainnya untuk menghabisi mereka.

Marvel’s Spider-Man

Developer: Insomniac Games | Rilis: 7 September 2018

Seri ini adalah game Spider-Man terbaik yang pernah ada di PlayStation. Kamu akan membantu Peter Parker dalam mengalahkan Mr. Negative yang memiliki rencana untuk menguasai dunia kriminal di New York.

Seperti biasa, kamu dapat melompat, menggunakan Web Shooters untuk menembakkan jaring untuk berayun di antara bangunan, berlari di sepanjang dinding.

Medievil

Developer: Other Ocean Interactive | Rilis: TBA

Akhirnya, salah satu game nostalgia PS1, Medievil akan di-remake dan kemungkinan besar dirilis tahun 2019 ini. Seperti yang kamu tahu, kamu dapat melakukan aksi hack n slash.

Shadow of The Colossus

Developer: Bluepoint Games | Rilis: 6 Februari 2018

Game ini sebenarnya adalah remake dari game aslinya PS2 dengan tetap mempertahankan gameplay yang sama dan menambahkan beberapa pembaruan untuk grafik sehingga menjadi lebih detail lagi.

Kamu akan memerankan Wander yang sedang melakukan pengembaraan dengan tujuan mengalahkan 16 colossi atau raksasa untuk memulihkan gadis bernama Mono.

The Last of Us Remastered

Developer: Naughty Dog | Rilis: 14 Juni 2013

Menjadi salah satu seri ekslusif terbaik, The Last of Us menghadirkan dunia post-apocalyptic yang sangat mendalam dengan menampilkan zombie yang terinfeksi oleh jamur Cordyceps.

Kamu akan memainkan Joel, pria yang membantu dan melindungi, Ellie untuk menuju tempat teraman karena Ellie memiliki antidot dari virus tersebut dan berharap lebih banyak menemukan kehidupan manusia yang layak di sana. Sekuelnya sendiri akan berlanjut ke The Last of Us II.

The Last Guardian

Developer: SIE Japan Studio | Rilis: 6 Desember 2016

The Last Guardian adalah game yang menggabungkan petualangan dan teka-teki di mana kamu mengendalikan anak laki-laki yang harus bekerja sama dengan makhluk setengah burung-setengah mamalia, Trico.

Kamu dapat memanjat bangunan, membawa benda-benda seperti barel, dan mengoperasikan alat seperti tuas. Kamu harus bisa bekerja sama dengan Trico untuk memecahkan teka-teki yang ada.

Uncharted 4: A Thief’s End

Developer: Naughty Dog | Rilis: 10 Mei 2016

Seri ini adalah judul terakhir dari Uncharted yang akan membawakan kembali kisah Nathan Drake dalam memburu harta karun. Kali ini, Nate dibujuk oleh kakaknya, untuk mencari harta karun Henry Avery yang hilang.

Seperti biasa, kamu dapat melompat, berlari, memanjat, berenang, berayun dengan tali, menembak, dan melakukan tindakan akrobatik lainnya. Kamu juga dapat memainkan Uncharted: The Nathan Drake Collection, trilogi pertama yang telah di-remaster dan The Lost Legacy sebagai standalon-expansion dari judul keempat ini.

Yakuza 6: The Song of Life

Developer: Ryu Ga Gotoku Studio | Rilis: 17 April 2018

Saat sedang memulihkan diri dari cedera di judul sebelumnya, Kazuma Kiryu dirawat di rumah sakit dan ditangkap oleh polisi karena kejahatan masa lalunya. Kiryu memilih untuk tidak menentang dan rela menghabiskan tiga tahun di penjara.

Sayangnya, Kiryu menemukan bahwa Haruka telah menghilang dan ia kembali ke Kamurocho untuk mencarinya dan mengetahui bahwa Haruka menjadi korban tabrak lari. Akhirnya, Kiryu pergi ke ke Onomichi Jingaicho di Hiroshima untuk mengungkap misteri selama Haruka menghilang.

— Fighting —

Street Fighter V: Arcade Edition

Developer: Capcom, Dimps | Rilis: 16 Februari 2016

Mirip dengan game sebelumnya, Street Fighter V masih menampilkan sistem gameplay side-scrolling fighting. Permainan ini juga memperkenalkan “V-Gauge” yang akan terisi saat pemain menerima serangan dan menambahkan tiga skill baru.

Game ini memiliki 16 karakter, di antaranya empat karakter baru dalam seri ini. Beberapa gameplay baru juga turut dihadirkan Arcade Mode dan Extra Battle Mode, serta satu tambahan V-Trigger per karakter dan CG opening cinematic baru.

— Racing —

Driveclub

Developer: Evolution StudiosĀ  | Rilis: 7 Oktober 2014

Driveclub adalah game balapan yang menantang pemain berlaga dalam ajang balap di seluruh dunia. Pemain dapat bersaing di klub dengan pemain lain, mendapatkan reputasi sebagai salah satu klub terbaik, dan menaikkan level untuk mendapatkan item.

Mode permainan lain yang dapat dinikmati adalah tour yang terdapat dalam campaign. Pemain dapat berkompetisi mulai dari balapan standar, uji coba waktu, drifting, dan turnamen kejuaraan.

Gran Turismo Sport

Developer: Polyphony Digital | Rilis: 17 Oktober 2017

Mirip dengan game sebelumnya, Gran Turismo Sport memiliki dua mode permainan, yaitu Sports Mode dan Arcade Mode. Tidak ketinggalan, online racing juga dapat dimainkan.

Game ini tidak menampilkan sistem cuaca dinamis dan siklus siang-malam seperti sebelumnya. Namun, kamu masih memiliki opsi untuk mengubah waktu lomba sebelum memasuki perlombaan.

— Sandbox —

Dreams

Developer: Media Molecule | Rilis: 16 April 2019 (Early Access)

Dreams adalah game sandbox yang memungkinkan pemain untuk melakukan user-generated content. Singkatnya, dengan Dreams kamu dapat membuat game untuk dimainkan oleh orang lain.

Kamu akan mengontrol “imp” yang mirip dengan mouse yang digunakan untuk berinteraksi, membuat item dan karakter baru, dan memanipulasi objek. Kamu dapat mendesain dunia game milikmu dengan bebas dan dibagikan kepada pemain lainnya.

— Virtual Reality (VR) —

Moss

Developer: Polyarc | Rilis: 27 Februari 2018

Moss adalah game yang dimainkan menggunakan headset VR (HTC Vive, Oculus Rift, PSVR). Pemain ditampilkan dalam bentuk wajah dan bola bertopeng. Tugasmu adalah membantu Quill untuk melewati rintangan, menyerang musuh, dan memecahkan teka-teki.

Until Dawn: Rush of Blood

Developer: Supermassive Games | Rilis: 13 Oktober 2016

Game VR ini merupakan spin-off dari Until Dawn. Kamu akan bermain di kereta roller coaster sambil melewati taman hiburan karnaval bertemakan horor yang semakin menyeramkan seiring berjalannya waktu.

Terdapat tujuh roller coaster yang berbeda dan tema yang berbeda. Kamu akan dibekali dengan pistol untuk menembaki objek-objek menyeramkan yang datang menghampirimu.

Batman: Arkham VR

Developer: Rocksteady Studios | Rilis: 11 Oktober 2016

Batman: Arkham VR menghadirkan pengalaman bermain menjadi Batman yang nyata karena dimainkan menggunakan PSVR, HTC Vive, atau Oculus Rift.

Kamu dapat menggunakan semua alat canggih milik Batman mulai dari batarang, grapnel gun, dan forensic scanner. Kamu tidak dapat berjalan dengan bebas. Tetapi kamu dapat melakukan teleportasi ke lokasi yang telah ditentukan di sekitar lingkungan.

Itu dia daftar game ekslusif di PS4 yang dapat kamu mainkan? Mana yang menjadi favoritmu?


Chipsman

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.